Mahasiswa ITB Tolak Aksi Solidaritas untuk Sondang


BANDUNG- Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus negeri dan swasta melakukan aksi solidaritas untuk mengenang Sondang Hutagalung, pria yang tewas bakar diri di depan Istana Merdeka beberapa waktu lalu.

Aksi yang diwarnai teatrikal itu dilakukan di depan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam aksinya, seorang mahasiswa tergeletak, tubuhnya penuh lumpur, sambil memegangi bendera merah putih dan patung Burung Garuda. Teatrikal tersebut dikelilingi ratusan mahasiswa yang membentuk barisan lingkaran raksasa.

Salah seorang peserta aksi, Jainal Riko Frans Tampubolon yang juga Presiden Mahasiswa Universitas Langlangbuana mengatakan, teatrikal tersebut simbol Sondang atau nasib masyarakat kecil yang hidup miskin.

"Aksi ini dilakukan berbagai mahasiswa dari berbagai kampus. Artinya kita mahasiswa bersatu," terangnya.

Ratusan mahasiswa itu datang secara bergerombol. Sekira pukul 14.30 WIB, bagian pintu utama Kampus ITB sudah dipenuhi mahasiswa yang sebagian mengenakan almamater berbagai warna.

Aksi tersebut membuat sebagian Jalan Tamansari dan Jalan Dago. Pusat aksi di Jalan Ganeca bahkan ditutup oleh kepolisian.

Sempat terjadi kericuhan di sela berlangsungnya aksi. Pasalnya, tuan rumah, yakni mahasiswa ITB, tidak mau bergabung ke dalam aksi solidaritas tersebut. Bahkan ketegangan terjadi ketika ratusan mahasiswa ingin memaksa masuk ke dalam Kampus ITB, namun dicegah keamanan.

Para mahasiswa juga berusaha mengeret bendera yang ada di tengah jalan utama menuju ITB menjadi setengah tiang. Namun lagi-lagi ditolak satpam. Lalu perwakilan mahasiswa ITB pun mendatangi kumpulan mahasiswa tersebut.

Presiden Mahasiswa ITB Tijar Bijaksana mengatakan, pihaknya bukan tidak peduli terhadap persoalan Bangsa Indonesia. "Kita juga selalu ikut aksi unjuk rasa. Tetapi kita lebih banyak diskusi," kata Tijar.

Namun, para mahasiswa yang mengajak supaya mahasiswa ITB bergabung, tidak mau menerima. Bahkan mereka sempat mencaci mahasiswa ITB.

Meski begitu, ketegangan tidak berlangsung lama. Massa membubarkan diri sekira pukul 15.00 WIB.
(crl)

Sumbernya gan : Okezone


Update berita :

Presiden Mahasiswa ITB Diberi Celana Dalam Wanita

INILAH.COM, Bandung - Presiden Mahasiswa ITB dihadiahi pembalut dan celana dalam wanita oleh salah satu peserta aksi solidaritas terhadap Sondang Hutagalung, mahasiswa yang bakar diri di depan Istana Negara.

Peristiwa yang terjadi di akhir aksi solidaritas Sondang ini berlangsung cepat. Belum ada keterangan terkait siapa yang memberikan pembalut dan celana dalam wanita kepada Presiden Mahasiswa ITB tersebut.

Pemberian pembalut dan celana dalam kepada Presiden Mahasiswa ITB tersebut dinilai sebagai simbolisasi bahwa perwakilan mahasiswa ITB banci.

"Presiden Mahasiswa ITB banci, karena tidak ikut mengacungkan tangan ketika kita minta bersatu, dan (mahasiswa ITB) menolak mengikuti aksi," kata salah seorang peserta aksi solidaritas Sondang usai memberikan pembalut dan celana dalam wanita kepada Presiden ITB, di depan Kampus ITB, Jalan Ganeca Kota Bandung, Rabu (14/12/2011).

Sebelumnya, sekitar 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (PT) yang ada di Kota Bandung menggelar aksi solidaritas mengenang tewasnya Sondang yang membakar diri di depan Istana Presiden di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Dalam aksi ini kami ingin menggugah rasa terkait tewasnya Sondang yang membakar diri," kata Presiden Mahasiswa Universitas Langlangbuana Jainal Riko Frans Tampubolon kepada wartawan di sela-sela aksi di depan Kampus ITB Jalana Ganeca Kota Bandung, Rabu (14/12/2011).

Aksi sempat memanas saat massa mencoba masuk ke kampus ITB. Hal itu terjadi karena pada aksi mengenang aksi Sondang, tidak ada salah satu mahasiswa ITB yang ikut.

Sehingga mahasiswa yang melakukan aksi berniat bergerak masuk ke kampus ITB, tetapi diadang oleh satpam kampus. Sejumlah massa hendak menurunkan bendera tetapi aksinya dihentikan oleh satpam.

"Kita lebih banyak diskusi. Aksi unjuk rasa kita ikut bergabung waktu di Gedung Sate," kata Presiden Mahasiswa ITB Tijar Bijaksana.[jul]

Sumber : inilah jabar



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new